Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS
Seringkali kita masih
di bingungkan dengan beberapa istilah dalam periklanan di internet di antaranya
yang sudah saya sebutkan di dalam judul artikel ini. Meskipun demikian yang
paling sering di dengar adalah CPC, CPM, CPA dan CTR yang mungkin sering kamu
liat pada beberapa situs penyedia layanan periklanan di internet.
Terutama bagi pemilik situs atau blog sangat penting memilih
jenis iklan di blog mereka, hal ini bertujuan untuk menentukan jenis iklan mana
yang sebaiknya mereka pasang agar sesuai dan mendapatkan keuntungan paling
tinggi. Nah berikut ini saya mencoba menjelaskan pengertian Pengertian CPC CPM
CPA CTR CPL CPS beserta contoh real teknisnya bagaimana.
1. Pengertian CPC/PPC
CPC adalah
singkatan dari Cost Per Click atau biaya dari satu klik iklan, jadi dengan
demikian kita tahu berapa sih harga satu klik yang di lakukan pengunjung. Lalu
apa perbedaannya CPC dengan PPC? menurut saya CPC itu di dalam lingkup dari
PPC, jadi PPC adalah Pay Per Click adalah jenis iklan yang membayar kita jika
ada pengunjung situs yang klik iklan yang kita pasang.
Sedangkan CPC adalah menunjukan berapa harga per satu klik
iklan, jadi misal di KlikSaya.com sebuah iklan memiliki CPC seharga Rp.600 maka
belum tentu kita dibayar Rp.600 per klik. Karena harga tersebut adalah harga
yang di tawarkan kepada si advertiser/pengiklan bukan besarnya bayaran
publisher, jadi nanti Rp.600 tersebut di bagi untuk kamu sebagai publisher dan
penyedia layanan iklan (KlikSaya) tersebut. Mungkin kamu hanya mendapatkan
<100 sampai 200 sekian rupiah.
2. Pengertian CPM
CPM adalah Cost
Per Mile adalah jenis iklan yang membayar kita per 1.000 tayangan/impresi
iklan. Contoh iklan CPM adalah iklan Pop Under dimana pengunjung akan di
arahkan ke laman pop up jika klik bagian manapun dalam situs web/blog. Contoh
penyedia layanan Iklan Pop Under paling terkenal adalah Pop Cash, Yllix dan Pop
Ads. Contoh iklan CPM lainnya adalah shorten link seperti di Adf.ly dab
Shorte.st.
Harga yang di bayarkan kepada kita setiap 1.000 tayangan
iklan adalah berbeda – beda namun kurang lebih adalah $1, hal tergantung dari
IP pengunjung berasal. Jadi pengunjung yang berasal dari negara Indonesia
dibandingkan pengunjung dari negara USA pasti harganya berbeda dan lebih mahal
untuk pengunjung dari luar negeri.
Maka dari itu jika kamu sebagai publisher iklan CPM pasti
akan tertera berapa rate iklan setiap harinya, misal hari ini rate iklan adalah
$0,7 berarti harga per 1.000 tayangan adalah $0,7. Harga ini berubah – ubah
setiap harinya hal ini bergantung darimana pengunjung blog kamu datang, misal
dari luar negeri semua pasti ratenya tinggi mungkin bisa mencapai diatas $2.
Namun yang perlu kamu perhatikan disini jika kamu sebagai
publisher adalah jumlah perhitungan impresi belum tentu sama dengan trafik asli
situs kamu. Misal kamu memiliki blog dengan total pengunjung harian 1.000 UV
dan 2.000 PV maka jangan berharap bahwa kamu akan mendapatkan 1.000 impresi
setiap harinya, saya kira paling hanya sekitar 100 – 300 impresi. Kenapa
demikian? silahkan kamu coba baca pada artikel saya sebelumnya: Mengapa Jumlah
Impresi Pop Under Berbeda Dengan Trafik Asli?
3. Pengertian CPA
CPA adalah
Cost Per Action atau jenis iklan yang membayar kita setiap ada pengunjung yang
mengikuti instruksi dari iklan tersebut misal melakukan poling, kemudian
menjawab pertanyaan/survey dan lain sebagainya. Jenis iklan seperti ini sangat
jarang sekali diminati oleh publishers.
4. Pengertian CTR
CTR adalah
Cost Through Rate yaitu perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan
laman. CTR biasa di tampilkan di dalam dasbor akun publishers seperti contoh
gambar di bawah ini laporan dari KlikSaya tanggal 29 September 2015:
Pengertian CPC CPM CPA CTR CPL CPS Iklan Internet
Berdasarkan gambar di atas CTR: 0,56 dengan iklan tampil
sebanyak 1.246 dan hanya mendapatkan 7 klik. Jadi perhitungan CTR adalah (Klik
; Tampil) x 100 jadi (7 : 1.246) x 100 = 0,56179xxx. Sangat kecil bukan jumlah
klik dan bayarannya? :(
5. Pengertian CPL
CPL adalah
Cost Per Lead atau jenis iklan yang membayar kamu jika ada seseorang yang mendaftar
melalui iklan kamu. Atau lebih populer di sebut dengan referal atau downlink,
jadi seseorang mendaftar/membeli melalui link/iklan yang kamu pasang di situs
kamu.
6. Pengertian CPS
CPS adalah
Cost Per Sale atau jenis iklan yang membayar kamu membagi keuntungan setiap
produk yang di beli dari link iklan kamu. Misal sebagai contoh ada pengunjung
yang membeli sebuah produk melalui iklan di blog kamu dengan harga 100 ribu,
mungkin saja kamu mendapatkan komisi 30 ribu atau sesuai ketentuan periklanan.
Memang
mendapatkan penghasilan dari jenis iklan di atas mungkin bagi sebagian orang
hasilnya relatif kecil, dengan trafik ribuan pengunjung paling tidak kita hanya
mendapatkan ribuan rupiah saja. Dan diantara banyak iklan di atas yang paling
saya rekomendasikan adalah iklan CPM Pop Under karena memang penghasilannya
lebih banyak, kamu bisa mencoba Pop Cash.
0 comments :
Post a Comment