Iklan Online
adalah Iklan yang dipromosikan melalui jaringan Internet, sedankan toko online
adalah arana tempat berbelanja jual beli yang didalamnya berisi iklan yang
menawarkan produk dan jasa. Situs website salah satu tempat yang dijadikan
sebagai toko online.
Berikut ini ada jenis
iklan online:
1. Direct Advertising
Di mana
pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani
kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Analisa:
Media yang sering jadikan iklan jenis Direct Adv adalah di
blog. Untuk pemasangan iklan tidak sembarangan, tidak semua yang punya blog
hanya blog yang menyediakan layanan iklan dengan terafik rank cukup tinggi,
artinya blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer atau
sering banyak dilihat pengunjung.
Format iklan jenis Direct Adv ini biasanya iklan teks dan
iklan gambar / banner.
Adapun kontrak antara pemasang iklan dan pemilik media,
orang yang akan memasang iklan tinggal menyepakati sesuai dengan aturan yang
telah ditetapkan si pemilik media (blog).
Kelebihan
Kelebihan dari jenis iklan direct advertorial ini cukup
praktis hanya dengan memajang iklan sesuai yang kita inginkan atau bisa
menyesuaikan pada target konsumen agar lebih efektif seperti menempatkan iklan
jual kaos football pada situs/blog komunitas pecinta bola dan jika kita
memasang iklan dalam situs web atau blog penyedia jasa iklan yang trafiknya
tinggi atau selalu banyak pengunjungnya, kemungkinan besar iklan kita juga
banyak pengunjunga yang melihatnya.
Kekurangannya
Sedangkan kekurangannya ada pada ukuran iklan gambar/banner
yang akan di tampilkan sesuai dengan kontrak harga, jika ukuran banner kita
kecil dari iklan banner orang lain kemungkinan iklan banner kita tidak dilirik,
untuk menampilkan iklan banner dengan ukuran besar membutuhkan biaya cukup
besar juga.
Contoh Direct Advertising
2. Self-service Advertising
Pendekatan
iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks
dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan
sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords
Analisa
Biasanya jenis iklan ini kita bisa lihat di berbagai situs
penyedia layanan iklan. Salah satu situs terbesar seperti situs mesin pencari
yaitu Google dan pempunyai program layanan iklan yaitu Google AdWord. Layanan
iklan yang ditawarkan bisa berupa bentuk teks, gambar maupun video. Secara umum
iklan jenis ini bisa kita lihat ketika kita mengetikan kalimat pada mesin
pencarian Google, itu bisa langsung muncul iklannya ada di barisan sebelah
kanan sesuai keyword yang kita ketik tadi.
Kelebihan
Dalam memasaang iklan kita bisa lebih leluasa mengatur
sesuai keinginan baik isi kontennya maupun posisi tataletak, semua diatur oleh
si pemasang iklan sendiri. Membayar iklan hanya ketika ada konsumen yang
mengklik iklan kita, lain halnya seperti iklan tayang di Televisi harus bayar
per detik padahal semua orang belum tentu melihatnya.
Kekurangan
Pada kendala pembuat iklan, dibutuhkan keahlian khusus
sesuai program situs penyedia iklan tersebut karena untuk menggunakan fasilitas
iklan kitalah sebagai pemilik iklan yang mengelolanya dan juga dibuthkan
kreatifitas pada konten maupun penempatan agar menarik perhatian konsumen.
Jenis iklan ini kurang efektif karena tidak mentargetkan pada konsumen secara
khusus sehingga dibutuhkan kalimat pengetikan yang tepat sebagai kata kunci
pada mesin pencari google karena secara umum akan muncul banyak para pesaing
yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama.
Contoh Self-service Advertising
3. Ad Networks
Sebuah
jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan
dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan
kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar
sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh:
ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
Kelebihan
kelebihan memasang iklan yang berasal dari ad network atau
jaringan iklan online adalah Anda bisa fokus menulis artikel yang berkualitas
tanpa harus bersusah payah mencari orang yang mau memasang iklan di blog Anda.
Kalau traffic blog Anda masih rendah tentu saja tidak ada orang yang mau
memasang iklan di blog Anda. Dengan bergabung di jaringan iklan, Anda memiliki
peluang untuk mendapatkan uang dari iklan. Namun tentu saja, Anda tetap harus
memiliki traffic blog yang tinggi agar pendapatan iklan Anda semakin tinggi.
Kekurangan
Memasang iklan dari ad network atau jaringan iklan tentu
juga memiliki kekurangan, yaitu jaringan iklan memiliki peraturan dalam
pemasangan iklan yang harus Anda ikuti. Hal ini tentu saja mengurangi kebebasan
Anda dalam memasang iklan. Anda juga tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja
yang mau Anda tampilkan di blog atau website Anda.
4. Contextual Advertising
Iklan yang
ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah
dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan
iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.
Analisis
Iklan jenis ini hanya ditampilkan pada pengunjung yang
benar-benar tertarik dengan produk atau jasa yang di iklankan, jadi hasil
promosi anda lebih terarah sesuai target yang dikehendaki.
Maksudnya iklan kita akan di respon hanya pengunjung yang
tertarik saja, sehingga penempatan iklan juga harus di publish yang strategis
seperti pada situs web dengan trafik rank cukup tinggi.sistem pembayaran yaitu
apabila ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.
Kelebihan
kelebihan yang dimiliki oleh iklan ini posisi iklan sudah
otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai produk yang dipromosikan,
sehingga pengguna internet atau konsumen yang akan bergabung akan lebih banyak
melihat iklan tersebut. Pembayaran iklan
murah karena diambil hitungan per klik dai para pengunjung. Contoh pembayaran
misalkan per klik harganya Rp.500 Jika kita hanya mempunyai dana untuk Iklan
sebesar Rp. 100.000 saja, maka Iklan kita sudah dapat 200 kali klik oleh para
pengunjung. Cukup lumayan murah dan efisien.
Kekurangan
Karena dipilih secara otomatis oleh sistem, sehingga pasar
konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan. Dalam bentuk ini, Iklan
tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara
otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.
Contoh Contextual Advertising
5. Twitter Advertising
Iklan yang
berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang
pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai
dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad
Analisa
Jenis Iklan ini yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang
iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek seperti sebuah link untuk di
klik dan dikunjungi pada situs yang disarankan, dan juga seperti rangkaian
kalimat promosi hanya bagian penting saja seperti nama produk, sample produk
dalam bentuk gambar, harga, alamat toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi
langsung kepada pemilik iklan tersebut.
Kelebihan
kelebihan dari iklan ini memungkinkan produk/jasa yang dipromosikan
atau diiklankan akan banyak dikunjungi oleh konsumen yang akan bergabung,
melihat banyaknya pengguna twitter sehingga sangat meyakinkan akan banyak
pengguna dan lebih banyak mendapatkan calon konsumen.
Kekurangan
kekuranganya iklan ini banyak orang yang tidak tahu karena
iklan yang muncul bentuknya kecil sehingga sedikit orang yang tahu. Dalam
hitungan menit tweets iklan kita akan bergeser kebawah hingga tidak akan
terlihat karena banyak tweets baru yang muncul. Kekurangan jenis iklan ini juga
dibatasi oleh karakter dan huruf dalam penulisannya karena twitter membatasi
140 karakter, sehingga dibutuhkan kalimat pendek yang unik dan yang dianggap
paling penting saja.
Contoh Twitter Advertising
6. In-Text Advertising
Sistem
in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam
website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant
in-Text Ad
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan
kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Kelebihan:
Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna.
Kekurangan:
sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang
iklan
7. Ad Network Optimization
Jasa
optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk
ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran
iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan
YieldBuild
Kelebihan:
Persaingan dalam mempromosikan iklan lebih mudah jika visual
dari iklan baik. Dan mendapat efek positif terhadap persaingan iklan.
Kekurangan:
Perusahaan kecil tidak dapat menggunakan bentuk iklan ini,
dan tidak semua level produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk iklan
ini.
8. Rep Ad Agencies
Agen
periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi
penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar
ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion
Kelebihan:
kelebihan iklan ini dapat Memudahkan perusahan dalam
mempromosikan produk/jasa mereka dan dapat di prediksi terlebih dahulu. Karena
pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran.
Kekurangan:
Besarnya biaya pengeluaran iklan, karena iklan dipromosikan
melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
9. Social Advertising
Iklan untuk
social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan
dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral
marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan
Meebo
Analisa
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional,
format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer
group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke
teman.
Kelebihan
promosi lebih banyak melalui bentuk iklan ini karena
digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga
memudahkan promosi dan tidak memerlukan biaya yang besar.
Kekurangan
Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog lain
agar memudahkan proses promosi.
10. Video Advertising
Bentuk iklan
yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan
dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content
video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.
Kelebihan:
Kelebihan dari iklan ini iklannya lebih menarik untuk
dilihat oleh pengguna internet karena isinya berbentuk audio visual dan
gerakan-gerakan.
Kekurangan:
kekurangannya tidak banyak orang yang melihat iklan tersebut
karena pengguan internet lebih fokus melihat video.
11. RSS Advertising
Iklan ini
ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS
feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh:
Pheedo dan Feedvertising
Kelebihan:
Dapat menyesuaikan
penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan:
tidak banyak dilihat oleh semua pengguna internet.
12. Sponsorship
Bentuk
bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi
terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak
digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk
banner
Analisa
Adanya jenis iklan sponsor ini bisa dilihat peluang dari
pengelola situs web atau blog yang mempunyai trafik rank tinggi sehingga sangat
diminati oleh para pembisnis yaitu orang yang ingin mempromosikan iklan
produknya di situs tersebut karena melihat banyak pengungjung yang dating ke
situs tersebut. Orang yang mengiklankan disebut sponsor yang mendonasikan
uangnya kepada orang yang mempunyai situs website tadi.
Kelebihan
kelebiahannya sasaran pasarnya lebih banyak dan Lebih
efektif, cara yang merupakan tidak terlalu berat dan efisiensi dari waktu.
Kekurangan
biayanya lebih cukup besar, pengerjaan iklan dibutuhkan
kreatifitas agar mampu menarik perhatian para pengunjung.
Hallo, Kami dari situs online terpercaya SARANA PELANGI.Mari Gabung bersama kami di agen poker uang asli dan ajak teman-teman kamu untuk bermain bersama di SARANA PELANGI AGEN JUDI DOMINO QQ, BANDAR POKER DAN BANDAR QIU QIU 99 TERPERCAYA SEASIA.
ReplyDeleteAyo Bergabung Di SARANA PELANGI Menangkan jackpot poker & domino yang sudah mencapai ratusan juta rupiah.
PROMO DAHSYAT SARANA PELANGI:
* BONUS TURNOVER 0.5%
* BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
Tersedia Games : Poker, Bandar Poker, BandarQ, Domino99, AduQ, Capsa Susun dan Sakong.
Kelebihan saranapelangi :
- Proses Deposit dan Withdraw Hanya 3 Menit
- Min. Deposit 20.000, Min. Withdraw 20.000
- Layanan Live Chat 24 Jam Non-stop
- Dapat dimainkan di android, iphone, dan ipad
- Agen Poker paling FAIR, NO ROBOT (member vs member)
- Tersedia ratusan meja untuk anda pilih
- Cukup 1 User ID untuk 7 Games
INFO LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI
- BBM : 2B47BB9C
- CALL : +855964972098
- WEECHAT : saranapelangi
- SKYPE : saranapelangi
- EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
- FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com
klik https://goo.gl/KFTTrE untuk pendaftaran