Iklan
mempunyai berbagai macam jenis dan bentuk sehingga membuat pemasar mempunyai
beberapa pilihan. Jenis-jenis iklan menurut isi pesannya terdiri dari: iklan
komersial, iklan perusahaan, dan iklan layanan masyarakat.
Iklan Komersial (Commercial Advertising)
Dalam upaya
memasarkan produk, pemasar perlu mempertimbangkan beberapa langkah strategis.
Salah satunya adalah memasang iklan yang menawarkan produk barang dan jasa yang
dipasang di media. Iklan yang menginformasikan barang atau jasa yang ditawarkan
oleh pemasar disebut dengan iklan komersial.
Media yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan komersial
bermacam-macam jenisnya. Yang paling populer adalah iklan di media massa
seperti koran, majalah, radio atau televisi. Iklan di media massa itu sering
disebut dengan media above the line (ATL) yang memiliki jangkauan luas namun
biayanya relatif mahal. Pemasangan iklan di media massa umumnya dilakukan
melalui agen atau biro iklan yang menawarkan jasa pemasangan iklan dengan
tariff yang bervariasi.
Pilihan lain yaitu memasang iklan komersial melalui media
luar ruang seperti spanduk, baliho, banner ataupun billboard. Iklan media luar
ruang umumnya terpasang di tempat-tempat strategis yang banyak dilewati orang
agar mudah terbaca bagi siapapun yang lewat. Bagi sobat yang membutuhkan media
yang dapat berfungsi maksimal namun dengan biaya yang lebih murah, media below
the line (BTL) adalah pilihan yang bagus. Media BTL misalnya brosur, katalog,
majalah, flyer ataupun poster.
Iklan Perusahaan (Corporate Advertising)
Image result for contoh Iklan Perusahaan Berbeda dengan iklan komersial, iklan
perusahaan lebih menekankan pada aspek citra perusahaan dibandingkan hanya
sekadar menawarkan produk atau jasa. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan
tujuan-tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa datang. Tujuan
utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.
Bagi perusahaan, jenis iklan ini dapat ditujukan kepada
khalayak baik eksternal maupun internal. Yang jelas, iklan perusahaan mempunyai
unsur mendidik, menginformasikan serta membentuk persepsi khalayak berkaitan
dengan nilai-nilai perusahaan. Iklan perusahaan merupakan bentuk aktivitas
public relations atau corporate communications.
Pesan-pesan
yang terkandung dalam iklan perusahaan berhubungan dengan kompetensi manajemen
perusahaan, fasilitas perusahaan, pengembangan dan penelitian produk,
tujuan-tujuan perusahaan ataupun pandangan perusahaan terhadap isu-isu sosial
yang sedang berkembang di masyarakat. Walau tidak dapat dirasakan secara
langsung efeknya, iklan perusahaan merupakan investasi yang sangat bermanfaat
bagi kelangsungan perusahaan di masa datang.
Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Advertising)
Iklan
tidak melulu bersifat komersial. Iklan juga mempunyai fungsi sosial yang
mengangkat isu-isu atau tema-tema sosial yang berkembang di masyarakat. Jenis
iklan ini disebut dengan iklan layanan masyarakat (ILM). Pihak-pihak yang
sering memasang ILM umumnya yaitu institusi pemerintah dan organisasi nonprofit
seperti lembaga swadaya masyarakat. Selain itu, perusahaan-perusahaan komersial
pun tidak ketinggalan memasang ILM dengan tema-tema sosial tertentu.
ILM dirancang agar masyarakat mempunyai kesadaran terhadap
suatu isu tertentu. Misalnya, pentingnya hemat listrik agar energi dapat
disimpan untuk kepentingan di masa datang. Namun kesadaran masyarakat terhadap
tema sosial saja belumlah cukup. ILM diharapkan pula dapat mengubah sudut
pandang masyarakat dan mendorong perilaku yang positif berkenaan dengan isu
sosial yang diangkat.
Bagi
perusahaan, memasang ILM berkaitan dengan aspek pencitraan. Tujuannya, agar
perusahaan mempunyai citra positif di mata masyarakat dan dipandang mempunyai
kepedulian terhadap isu-isu sosial masyarakat. Memang, ILM tidaklah langsung
dapat mendapatkan keuntungan secara profit bagi perusahaan, tapi dapat
menciptakan persepsi yang positif di masyarakat.
Iklan mempunyai berbagai macam jenis dan bentuk sehingga
membuat pemasar mempunyai beberapa pilihan. Jenis-jenis iklan menurut isi
pesannya terdiri dari: iklan komersial, iklan perusahaan, dan iklan layanan
masyarakat.
0 comments :
Post a Comment